Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Situasi Wabah Virus Corona

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Situasi Wabah Virus Corona

Pada saat ini, guru dituntut untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik melalui gruop jejaring sosial yang dibuat oleh guru itu sendiri, supaya dalam masa Lcckdown Covid-19 /Virus Corona, ini peserta didik harus tetap belajar meskipun berada di rumah, untuk lebih paham, simak penjelasannya di bawah ini.

Belajar di rumah, belajar di sekolah, tetap berpihak pada anak. Bagaimana caranya? Guru dan orangtua yang berdaya menciptakan pengalaman belajar yang melibatkan anak. Ikuti Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru dan orangtua di situasi wabah virus corona.

Mendorong kolaborasi orangtua, guru dan murid untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus Corona 

Memastikan anak mendapatkan personalisasi pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak

Memanusiakan

Hubungan

Praktik pembelajaran yang dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, murid dan orangtua.

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Situasi Wabah Virus Corona

Anjuran

Lakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu mengenai kesiapan orangtua dalam mendampingi murid melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang setidaknya perlu dipertimbangkan: akses orangtua terhadap teknologi, pola kerja orangtua dan tingkat pendidikan orangtua. (Prioritas)

Sediakan waktu berbincang bebas dengan orangtua dan murid untuk mendapatkan gambaran kondisi yang mereka alami. Membangun kepercayaan diri murid dan orangtua, menghadirkan dukungan, pendorong semangat dan bantuan profesional. (Prioritas)

Memperkirakan durasi pengerjaan tugas yang akan diberikan. Pastikan durasinya maksimal 80% dari jam belajar normal untuk menyediakan waktu belajar tidak terstruktur. Durasi ini bisa disesuaikan melalui koordinasi dengan guru yang mengajar pada kelas yang sama dan dengan murid/orangtua (Menantang)

Membangun kesepakatan dengan orangtua terkait cara pengerjaan tugas murid, jadwal dan durasi konferensi guru (Menantang)

Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar yang memadukan tujuan kurikulum, minat murid dan isu yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang)

Untuk selengkapnya langsung saja download Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Situasi Wabah Virus Corona dengan klik Link di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Situasi Wabah Virus Corona"